Jumat, 28 Desember 2012

Perintah Command Prompt pada Jaringan Komputer

Perintah Command Prompt pada Jaringan Komputer , sering kita gunakan ketika kita sedang berada pada sebuah jaringan komputer. Biasanya yang umumnya kita kenal adalah perintah untuk mengecek koneksi antara komputer kita dengan komputer server maupun client lainnya, yaitu dengan menggunakan perintah ping IP Address. Contohnya bisa Anda lihat pada screenshot di bawah ini :


Dari screenshot di atas, saya mencoba untuk mengecek koneksi antara komputer saya dengan komputer yang memiliki alamat 192.168.1.224 dan hasilnya mendapat jawaban Reply from IP .... yang artinya komputer saya memiliki koneksi dengan komputer yang memiliki IP tersebut.
Nah selain perintah ping di atas, ada banyak perintah-perintah lainnya mungkin beberapa orang belum paham dengan perintah CMD tersebut khususnya digunakan ketika kita sedang dalam sebuah jaringan komputer. Lalu apa sajakah itu ? Berikut perintah CMD pada jaringan komputer  :
1. ping
Contoh: ping ieuwelah.blogspot.com
Selain mengecek koneksi dari komputer ke alamat IP komputer lain, ping juga dapat digunakan untuk mengecek situs dari sebuah jaringan internet. Contoh di atas adalah melakukan test koneksi ke webblog ieuwelah.blogspot.com. Semakin sedikit % loss-nya makan semakin baik koneksinya.

2. ipconfig
Perintah ini banyak sekali fungsinya, yang jelas perintah ini umumnya digunakan untuk melihat IP address, gateway, DNS server, dan hampir semua informasi dalam suatu jaringan. Perintah ipconfig ini banyak kombinasinya, dimana tiap kombinasi mempunyai fungsi yang berbeda, salah satunya yaitu : 
  • ipconfig /all
    Menampilkan informasi konfigurasi koneksi, misalnya Host Name, Primary DNS Type, Ethernet Adapter LAN.
  • ipconfig /displaydns
    Menampilkan DNS Cache.
  • ipconfig /flushdns
    Menghapus DNS Cache
  • ipconfig /release
    "Menghapus" semua koneksi IP Address.
  • ipconfig /renew
    Membuat IP Address baru untuk adapter tertentu.
  • ipconfig /registerdns
    Melakukan refresh DNS dan meregister kembali koneksi DNS.
  • ipconfig /showclassid
    Menampilkan informasi DHCP Class.
  • ipconfig /setclassid
    Mengubah DHCP Class ID
3. tracert
Perintah ini digunakan untuk melihat rute yang dilewati paket untuk sampai tujuan, analoginya yaitu agar paket dari A sampai ke L, maka paket tersebut dikirimkan melalui rute-rute yang ditentukan, misalnya A – B – C – H – I – J – K – L. biasanya adminstrator jaringan menggunakan perintah ini untuk mendeteksi dimana rute jaringan yang terputus.
4. nslookup
Perintah ini digunakan untuk melihat alamat IP dari domain yang ada pada DNS server. Untuk perusahaan yang mempunyai aplikasi berbasis web dan DNS server sendiri, perintah ini dapat digunakan untuk mengecek kinerja dari DNS server itu sendiri ata ketika DNS server down, otomatis aplikasi web tidak dapat digunakan, untuk menanggulanginya anda bisa menggunakan alamat IP ini untuk membuka web aplikasi tersebut.
5. netstat
Perintah ini digunakan untuk mengetahui aktivitas/koneksi jaringan pada komputer yang anda gunakan, serta statistiknya. Perintah ini dapat digunakan juga untuk menampilkan statistik jaringan dari interface pada komputer anda, menampilkan socket network, menampilkan protocol yang digunakan, dll.
6. route
Perintah ini digunakan untuk membuat jalur baru (routing) pada komputer ke suatu jaringan, biasanya pada LAN atau WAN . Kemudian untuk mengetahui proses lalu lintas jaringan anda, untuk mengetahui informasi jalur host, gateway, dan network destination anda untuk paket yang akan dikirim dengan perintah route print, sebenarnya perintah ini sama dengan netstat -r.
7. hostname
Menampilkan nama komputer.
8. telnet
Perintah ini digunakan untuk melakukan remote ke perangkat jaringan, seperti Switch atau Router dalam suatau jaringan (LAN, MAN, maupun WAN). Dengan melakukan telnet, hal ini memudahkan administrator jaringan dalam mengelola jaringan dimana saja berada.
9. net
Perintah ini beragam fungsinya, salah satunya yaitu untuk mengirimkan pesan singkat kepada host dalam suatu LAN dengan perintah net send. Untuk perintah yang lainnya dapat digunakan untuk melihat status-status tertentu pada komputer dan jaringan.
10. netsh
Perintah ini digunakan untuk menampilkan atau memodifikasi konfigurasi jaringan dari sebuah komputer yang sedang berjalan baik secara lokal maupun remote dari komputer yang aktif. Seperti merubah IP address, mengganti konfigurasi IPv4 ke IPv6, mengganti port proxy, mengganti winsock, dll
11. control netconnections
Menampilkan Network Connections


Mungkin masih banyak lagi perintah CMD yang bisa digunakan untuk keperluan jaringan komputer, namun yang bisa saya posting hanya beberapa yang tersebut di atas.

Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

All About Me

Foto saya
Banyak pertanyaan di dunia ini ,,, Dan banyak pula jawaban atas setiap pertanyaan yang dibuat ,,, Hope ,,, Kalian dapat menemukan pertanyaan yang sesuai beserta jawabannya dalam blog saya ini ,,, Terima kasih :D

Friend of Mine